Selasa, 26 Mei 2009

Siswa SMA Plus 17 Plg Menang Berkat Klorofil Emas

Sriwijaya Post - 6 Mei 2009

PALEMBANG, RABU - Siswa SMAN Plus 17 Palembang kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Satu tim beranggotakan M Ali, Nisrina dan Yesika berhasil menggondol juara ketiga pada kompetisi lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Sumatera.

Acara yang dipusatkan di aula Fakultas Kedokteran Riau ini diikuti oleh 54 tim setingkat SMA/MA se-Sumatera. Proses penjurian melibatkan dua wilayah, khusus wilayah Sumbagsel dinilai tim Lampung sedang peserta dari luar Sumbagsel, seperti Medan, Payakumbuh, Aceh langsung dinilai juri di Riau. Usai dilakukan penilaian, panitia langsung menyisihkan 10 pemenang yang diikutsertakan untuk proses presentasi. Kebetulan, siswa SMAN Plus 17 terpilih dan langsung diundang ke Riau untuk presentasi.

"Bersyukur, meski tidak menjadi juara utama, paling tidak kami pulang tidak dengan tangan kosong,' kata M Ali, Rabu (6/5) .

Ia mengatakan pembuatan karya tulis dikebut hanya dalam waktu dua minggu. Selain karena undangan keikutsertaan baru tiba, pada saat yang bersamaan, ketiganya juga sedang mengikuti lomba Olimpiade tingkat nasional.

"Kami konsentrasi satu-satu dulu, usai Olimpiade baru mencari pustaka untuk bahan-bahan karya tulis, kebetulan tema yang diambil adalah klorofil,"kata M Ali mewakili rekan-rekannya yang lain.

Lantaran judul menarik, diakui M Ali dinilai sebagai salah satu faktor kemenangan. Disamping itu, klorofil yang berasal dari dedaunan banyak ditemukan di lingkungan sekitar.

" Judulnya Klorofil, Si Emas Hijau yang Bermanfaat. Dari itu, kami coba menggambarkan khasiat klorofil yang banyak ditemukan di lingkungan sekitar mampu memberikan manfaat yang luar biasa. Daya manfaat yang dihasilkan itu disimbolkan sebagai emas berkilauan,"kata M Ali.

Mungkin, faktor judul serta keberhasilan saat presentasi membuat juri tertarik hingga memutuskan tim SMAN Plus Negeri 17 Palembang memenangkan lomba.

Tidak ada komentar: